Adalah sebuah proses pemantauan kondisi mesin melalui parameter fisik tertentu yang berhubungan dengan operasi kerja yang diobservasi atau diamati untuk menentukan integritas dari mesin tersebut sehingga dapat diambil sebuah tindakan.

Ada 2 Metode Condition Monitoring yang digunakan yaitu :

  • Continue Monitoring (Pemantauan terus-menerus)
    Metode Continue Monitoring (Pemantauan terus-menerus) biasanya digunakan untuk memantau dan melindungi mesin-mesin yang vital dalam suatu proses produksi contohnya seperti turbin, generator, kompresor dan lain-lain. Dalam aplikasinya biasanya mesin dipasangi dengan transduser (sensor) dan alat-alat khusus lainnya untuk memantau kondisi mesin secara terus-menerus, kemudian data-data dari transduser langsung dikirimkan ke komputer untuk proses data. Apabila terjadi failure maka akan terjadi 2 tahapan alarm, yang pertama yaitu sebagai alarm peringatan dan alarm yang kedua menunjukan bahwa kondisi mesin telah masuk dalam keadaan membahayakan dan sistem akan menghentikan kerja mesin secara otomatis.

Jasa Pengujian Critical Speed

  • Periodic Monitoring (Pemantauan periodik/berkala)
    Metode Periodic Monitoring (Pemantauan periodik/berkala) ini umumnya digunakan untuk memantau dan melindungi mesin mesin yang bukan vital dan diaplikasikan pada mesin mesin yang posisinya dalam proses produksi seperti blower, pompa, fan dan lain-lain. Cara kerja metode ini yaitu data-data diambil dari mesin dan biasanya menggunakan instrument portabel kemudian data informasi disimpan dan dibawa ke tempat analisa data untuk diproses di komputer. Pemantaun ini akan dilakukan dalam keadaan yang intensif apabila mesin bekerja dalam lingkungan yang membahayakan.

Keuntungan dari penerapan Condition Monitoring :

• Memperpanjang jeda waktu antara interhaul yang berarti mengurangi waktu proses produksi yang terbuang.
• Tidak ada mesin yang rusak secara tiba-tiba.
• Tidak ada kerusakan sekunder pada mesin.
• Melakukan penghematan dalam pembelian dan penggunaan sparepart.
• Meniadakan stok spare part yang berlebihan atau tidak diperlukan.
• Mengurangi waktu untuk maintenance.

Untuk informasi lebih lanjut tentang jasa condition monitoring dapat menghubungi kami di:

Phone: 021-2956-3051
Email: sales@vibrasindo.com
Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)